Sabtu, 15 November 2014

Pergi ke Kebun

Hari ini pas tengah hari aku berangkat ke kebun, pas matahari lagi terik-teriknya. Kebun yang aku kunjungi berada di dataran tinggi, pas nyampek sana udaranya gak panas-panas banget, dan sinar matahari terhalang dedaunan. Agendaku di kebun hari ini adalah memupuk pohon gaharu, aku sudah membawa setas kresek pupuk, kurang lebih empat kilogram beratnya. Selain memupuk dengan kcl aku juga membawa cairan untuk inokulasi gaharu. Cairan tersebut kubeli dari seseorang dari Jogjakarta, cairan tersebut adalah racikan sendiri dari orang tersebut yang formulanya dirahasiakan. Umaaaaak, bau tidak enak muncul ketika tutup jerigen dari cairan tersebut kubuka. Bau mirip terasi busuk, mirip septictank, mirip bau busuklah kira-kira.
Sekitar satu jam di kebun, pemupukan pohon gaharu dengan pupuk jenis kcl telah selesai tinggal agenda berikutnya yaitu proses inokulasi dengan cairan yang kubawa tadi. Dengan cekatan pohon-pohon gaharunya ku injek dengan cairan formula tersebut. Tiga jam lebih, akhirnya selesai juga misiku di kebun, pemupukan dan inokulasi. Ada rasa "marem" dan "lego" di dalam hati, karena hampir semua proses perawatan pohon gaharu sudah terlaksana. Tinggal setiap dua bulan sekali dipupuk lagi dengan pupuk jenis kcl sampai masa panen tiba, yaitu sekitar minimal satu tahun dari awal inokulasi.
Perutku sudah mulai keroncongan, pulang dari kebun sekitar jam lima sore. Soto ayam dan babat khas  lamongan di seberang taman kota Rantau yang menjadi langgananku untuk menikmati makanan spesial soto menjadi destinasiku selanjutnya. Semangkuk soto ayam dan segelas teh hangat menjadi santapan istimewaku sore hari ini. Rasanya puas sekali berkebun hari ini. Terima kasih Tuhan atas nikmatmu hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar